Capaian Pembelajaran Prodi

by veron

Kode CPCapaian PembelajaranAspek CP
CP-S 01Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Mampu Menunjukkan Sikap ReligiusSikap dan Tata Nilai
CP-S 02Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etikaSikap dan Tata Nilai
CP-S 03Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan PancasilaSikap dan Tata Nilai
CP-S 04Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsaSikap dan Tata Nilai
CP-S 05Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lainSikap dan Tata Nilai
CP-S 06Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkunganSikap dan Tata Nilai
CP-S 07Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegaraSikap dan Tata Nilai
CP-S 08Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademikSikap dan Tata Nilai
CP-S 09Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiriSikap dan Tata Nilai
CP-S 10Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaanSikap dan Tata Nilai
CP-S 11Menjunjung tinggi dan menginternalisasikan nilai-nilai ke-Islaman dan Ke-aswaja-anSikap dan Tata Nilai
CP-S 12Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik, yaitu kejujuran, kebebasan dan otonomi akademik yang diembannyaSikap dan Tata Nilai
CP-S 13Menampilkan Diri Sebagai Pribadi yang Jujur, Berakhlaq Mulia, dan Teladan bagi peserta didik dan MasyarakatSikap dan Tata Nilai
CP-S 14Menampilkan Diri Sebagai Pribadi yang mantap, Stabil, Dewasa, Arif, dan Berwibawa Serta Berkemampuan Adaptasi Secara Baik di Tempat TugasSikap dan Tata Nilai
CP-S 15Bersikap Inklusif, Bertindak Obyektif, dan Tidak Diskriminatif berdasarkan Pertimbangan Jenis Kelamin, Agama, Ras, Kondisi Fisik, latar Belakang Keluarga, dan Status Sosial EkonomiSikap dan Tata Nilai
CP-S 16Menunjukkan Etos Kerja yang Bertanggung Jawab, Rasa Bangga, dan Cinta Menjadi Pendidik dan Percaya Diri sesuai tuntunan Ahlus Sunnah wal Jama’ahSikap dan Tata Nilai
CP-S 17Menunjukkan Sikap Bertanggung Jawab Atas Pekerjaan dibidang Pendidikan Agama Islam Secara MandiriSikap dan Tata Nilai
CP-P 01Mengetahui Nasionalisme tentang filsafat, Pancasila, kewarganegaraan wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasiPengetahuan
CP-P 02Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik)Pengetahuan
CP-P 03Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif, dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademikPengetahuan
CP-P 04Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai Agama yang Rahmatan lil ‘alaminPengetahuan
CP-P 05Menguasai pengetahuan dan Langkah langkah Integrasi Keilmuan (Sains dan Agama) sebagai paradigma KeilmuanPengetahuan
CP-P 06Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional, dan globalPengetahuan
CP-P 07Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman yang berlandaskan nilai-nilai ahlussunnah wal jamaah (ke-NU-an)Pengetahuan
CP-P 08Menguasai pengembangan ilmu-ilmu keislaman berwawasan keindonesiaanPengetahuan
CP-P 09Menguasai Konsep teoritis dan filosofis Pendidikan Umum dan Islam sebagai landasan dan Acuan Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan MadrasahPengetahuan
CP-P 10Menguasai teori Penelitian bidang Pendidikan Agama Islam untuk melakukan tindakan Reflektif dalam meningkatkan kualitas dan inovasi Pembelajaran PAIPengetahuan
CP-P 11Menguasai Teori belajar dan prinsip-prinsip Pembelajaran yang mendidik dalam Pelaksanaan Pembelajaran PAI di Sekolah dan MadrasahPengetahuan
CP-P 12Menguasai Substansi Materi, Struktur, Konsep dan Pola Pikir Keilmuan PAIPengetahuan
CP-P 13Mengusai Teori Pengembangan Kurikulum, Media dan Sumber Belajar serta Penilaian dan Evaluasi Mata Pelajaran PAI di Sekolah dan MadrasahPengetahuan
CP-KU 01Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan keahlianKeterampilan Umum
CP-KU 02Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukurKeterampilan Umum
CP-KU 03Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggiKeterampilan Umum
CP-KU 04Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggiKeterampilan Umum
CP-KU 05Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan dataKeterampilan Umum
CP-KU 06Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganyaKeterampilan Umum
CP-KU 07Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnyaKeterampilan Umum
CP-KU 08Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiriKeterampilan Umum
CP-KU 09Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasiKeterampilan Umum
CP-KU 10Mampu memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Pengembangan Keilmuan dan Kemampuan KerjaKeterampilan Umum
CP-KU 11Mampu berkomunikasi baik Lisan Maupun Tulisan Dengan Menggunakan Bahasa Arab dan Inggris dalam Perkembangan Dunia Akademik dan Dunia Kerja (Dunia non Akademik)Keterampilan Umum
CP-KU 12Mampu Membaca al-Qur’an dengan Tajwid secara Baik dan BenarKeterampilan Umum
CP-KU 13Mampu Menghafal al-Qur’an Juz 30 (Juz ‘Amma)Keterampilan Umum
CP-KU 14Mempu Melaksanakan Ibadah Praktis dan Bacaan Do’anya dengan Baik dan BenarKeterampilan Umum
CP-KK 15Mampu Menerapkan Kurikulum mata Pelajaran PAI di Sekolah dan Madrasah sesuai dengan Prosedur dan Prinsip-prinsip dalam Pengembangan KurikulumKeterampilan Khusus
CP-KK 16Mampu Melaksanakan Pembelajaran yang mendidik pada PAI di sekolah dan MadrasahKeterampilan Khusus
CP-KK 17Mampu Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara Efektif dan berdaya guna Untuk Pembelajaran PAI di Sekolah dan MadrasahKeterampilan Khusus
CP-KK 18Mampu Memfasilitasi Pengembangan Potensi Keagamaan Peserta Didik Untuk mengaktualisasikan Kemampuan beragama dalam Kehidupan NyataKeterampilan Khusus
CP-KK 19Mampu Berkomunikasi secara Efektif, Empatik dan Santun dalam Pelaksanaan Tugas Pembelajaran PAI di Sekolah dan Madrasah serta di komunitas Akademik maupun masyarakat umumKeterampilan Khusus
CP-KK 20Mampu melaksanakan Penilaian dan Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran PAI Secara Tepat Serta Mampu Memanfaatkan untuk keperluan PembelajaranKeterampilan Khusus
CP-KK 21Mampu Melaksanakan Tindakan reflektif dan memanfaatkan teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI di Sekolah dan MadrasahKeterampilan Khusus
CP-KK 22Mampu menerapkan Langkah langkah Pengembangan Keprofesian dan Keilmuan Secara berkelanjutan, Mandiri dan Kolektif melalui Pengembangan Diri dalam rangka mewujudkan Kinerja Diri Sebagai PendidikKeterampilan Khusus
CP-KK 23Mampu melakukan riset pembelajaran PAI yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah keagamaan di masyarakatKeterampilan Khusus