Kode CP | Capaian Pembelajaran | Aspek CP |
---|---|---|
CP-S 01 | Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Mampu Menunjukkan Sikap Religius | Sikap dan Tata Nilai |
CP-S 02 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika | Sikap dan Tata Nilai |
CP-S 03 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila | Sikap dan Tata Nilai |
CP-S 04 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa | Sikap dan Tata Nilai |
CP-S 05 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain | Sikap dan Tata Nilai |
CP-S 06 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan | Sikap dan Tata Nilai |
CP-S 07 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara | Sikap dan Tata Nilai |
CP-S 08 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik | Sikap dan Tata Nilai |
CP-S 09 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri | Sikap dan Tata Nilai |
CP-S 10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan | Sikap dan Tata Nilai |
CP-S 11 | Menjunjung tinggi dan menginternalisasikan nilai-nilai ke-Islaman dan Ke-aswaja-an | Sikap dan Tata Nilai |
CP-S 12 | Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik, yaitu kejujuran, kebebasan dan otonomi akademik yang diembannya | Sikap dan Tata Nilai |
CP-S 13 | Menampilkan Diri Sebagai Pribadi yang Jujur, Berakhlaq Mulia, dan Teladan bagi peserta didik dan Masyarakat | Sikap dan Tata Nilai |
CP-S 14 | Menampilkan Diri Sebagai Pribadi yang mantap, Stabil, Dewasa, Arif, dan Berwibawa Serta Berkemampuan Adaptasi Secara Baik di Tempat Tugas | Sikap dan Tata Nilai |
CP-S 15 | Bersikap Inklusif, Bertindak Obyektif, dan Tidak Diskriminatif berdasarkan Pertimbangan Jenis Kelamin, Agama, Ras, Kondisi Fisik, latar Belakang Keluarga, dan Status Sosial Ekonomi | Sikap dan Tata Nilai |
CP-S 16 | Menunjukkan Etos Kerja yang Bertanggung Jawab, Rasa Bangga, dan Cinta Menjadi Pendidik dan Percaya Diri sesuai tuntunan Ahlus Sunnah wal Jama’ah | Sikap dan Tata Nilai |
CP-S 17 | Menunjukkan Sikap Bertanggung Jawab Atas Pekerjaan dibidang Pendidikan Agama Islam Secara Mandiri | Sikap dan Tata Nilai |
CP-P 01 | Mengetahui Nasionalisme tentang filsafat, Pancasila, kewarganegaraan wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi | Pengetahuan |
CP-P 02 | Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik) | Pengetahuan |
CP-P 03 | Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif, dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik | Pengetahuan |
CP-P 04 | Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai Agama yang Rahmatan lil ‘alamin | Pengetahuan |
CP-P 05 | Menguasai pengetahuan dan Langkah langkah Integrasi Keilmuan (Sains dan Agama) sebagai paradigma Keilmuan | Pengetahuan |
CP-P 06 | Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional, dan global | Pengetahuan |
CP-P 07 | Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman yang berlandaskan nilai-nilai ahlussunnah wal jamaah (ke-NU-an) | Pengetahuan |
CP-P 08 | Menguasai pengembangan ilmu-ilmu keislaman berwawasan keindonesiaan | Pengetahuan |
CP-P 09 | Menguasai Konsep teoritis dan filosofis Pendidikan Umum dan Islam sebagai landasan dan Acuan Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah | Pengetahuan |
CP-P 10 | Menguasai teori Penelitian bidang Pendidikan Agama Islam untuk melakukan tindakan Reflektif dalam meningkatkan kualitas dan inovasi Pembelajaran PAI | Pengetahuan |
CP-P 11 | Menguasai Teori belajar dan prinsip-prinsip Pembelajaran yang mendidik dalam Pelaksanaan Pembelajaran PAI di Sekolah dan Madrasah | Pengetahuan |
CP-P 12 | Menguasai Substansi Materi, Struktur, Konsep dan Pola Pikir Keilmuan PAI | Pengetahuan |
CP-P 13 | Mengusai Teori Pengembangan Kurikulum, Media dan Sumber Belajar serta Penilaian dan Evaluasi Mata Pelajaran PAI di Sekolah dan Madrasah | Pengetahuan |
CP-KU 01 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan keahlian | Keterampilan Umum |
CP-KU 02 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur | Keterampilan Umum |
CP-KU 03 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi | Keterampilan Umum |
CP-KU 04 | Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi | Keterampilan Umum |
CP-KU 05 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data | Keterampilan Umum |
CP-KU 06 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya | Keterampilan Umum |
CP-KU 07 | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya | Keterampilan Umum |
CP-KU 08 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri | Keterampilan Umum |
CP-KU 09 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi | Keterampilan Umum |
CP-KU 10 | Mampu memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Pengembangan Keilmuan dan Kemampuan Kerja | Keterampilan Umum |
CP-KU 11 | Mampu berkomunikasi baik Lisan Maupun Tulisan Dengan Menggunakan Bahasa Arab dan Inggris dalam Perkembangan Dunia Akademik dan Dunia Kerja (Dunia non Akademik) | Keterampilan Umum |
CP-KU 12 | Mampu Membaca al-Qur’an dengan Tajwid secara Baik dan Benar | Keterampilan Umum |
CP-KU 13 | Mampu Menghafal al-Qur’an Juz 30 (Juz ‘Amma) | Keterampilan Umum |
CP-KU 14 | Mempu Melaksanakan Ibadah Praktis dan Bacaan Do’anya dengan Baik dan Benar | Keterampilan Umum |
CP-KK 15 | Mampu Menerapkan Kurikulum mata Pelajaran PAI di Sekolah dan Madrasah sesuai dengan Prosedur dan Prinsip-prinsip dalam Pengembangan Kurikulum | Keterampilan Khusus |
CP-KK 16 | Mampu Melaksanakan Pembelajaran yang mendidik pada PAI di sekolah dan Madrasah | Keterampilan Khusus |
CP-KK 17 | Mampu Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara Efektif dan berdaya guna Untuk Pembelajaran PAI di Sekolah dan Madrasah | Keterampilan Khusus |
CP-KK 18 | Mampu Memfasilitasi Pengembangan Potensi Keagamaan Peserta Didik Untuk mengaktualisasikan Kemampuan beragama dalam Kehidupan Nyata | Keterampilan Khusus |
CP-KK 19 | Mampu Berkomunikasi secara Efektif, Empatik dan Santun dalam Pelaksanaan Tugas Pembelajaran PAI di Sekolah dan Madrasah serta di komunitas Akademik maupun masyarakat umum | Keterampilan Khusus |
CP-KK 20 | Mampu melaksanakan Penilaian dan Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran PAI Secara Tepat Serta Mampu Memanfaatkan untuk keperluan Pembelajaran | Keterampilan Khusus |
CP-KK 21 | Mampu Melaksanakan Tindakan reflektif dan memanfaatkan teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI di Sekolah dan Madrasah | Keterampilan Khusus |
CP-KK 22 | Mampu menerapkan Langkah langkah Pengembangan Keprofesian dan Keilmuan Secara berkelanjutan, Mandiri dan Kolektif melalui Pengembangan Diri dalam rangka mewujudkan Kinerja Diri Sebagai Pendidik | Keterampilan Khusus |
CP-KK 23 | Mampu melakukan riset pembelajaran PAI yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah keagamaan di masyarakat | Keterampilan Khusus |